Kota Malang Raih Penghargaan Bidang HAM Ketiga Kalinya

Solo, MC – Puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-69 yang dipusatkan di Kota Solo, Minggu (10/12), ternyata menjadi hari keberuntungan untuk Kota Malang. Pasalnya, Kota Malang mendapat penghargaan bidang Hak Asasi Manusia yang diterima langsung oleh Wali Kota Malang, H. Moch Anton.
PENGHARGAAN: Wali Kota Malang, H. Moch Anton saat menerima penghargaan bidang Hak Asasi Manusia dari Menteri Hukum dan HAM, Yasona H. Laoly di Kota Solo, Minggu (10/12).
Tercatat, Kota Malang sudah tiga kali menerima penghargaan serupa di bidang HAM secara berturut-turut, yakni tahun 2015, 2016 dan 2017. Dalam acara ini, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Pribowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah kepala daerah penerima penghargaan bidang HAM.
Presiden Joko Widodo, dalam amanahnya menegaskan masih banyak pekerjaan rumah untuk penegakan HAM yang belum dikerjakan oleh pemerintah. “Saya menyadari masih banyak pekerjaan besar, pekerjaan rumah perihal penegakan HAM yang belum bisa tuntas diselesaikan,” ucap Presiden saat membuka acara peringatan Hari HAM Sedunia.
Sementara itu, Ketua Komnas HAM RI, Achmad Taufik Damanik mengatakan, bahwa kewajiban untuk melindungi dan memberi jaminan HAM menjadi tanggung jawab bersama.
“Karenanya perlu kebijakan, termasuk dari kepala daerah untuk peduli terhadap HAM. Oleh karenanya, kota peduli HAM diberikan kepada kepala daerah yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian HAM,” ujar Achmad Taufik Damanik.
Hal senada juga disampaikan oleh Yasonna H. Laoly, peringatan Hari HAM Sedunia ini menjadi momen refleksi untuk mewujudkan tujuan negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya. Pada nawacita juga mengamanatkan agar negara hadir pada setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sementara menurut Abah Anton sapaan Wali Kota Malang, mengatakan bahwa kondusifnya Kota Malang menjadi salah satu cermin bahwa Kota Malang memiliki kepedulian terhadap HAM. Keberadaan perguruan tinggi, sinergi Forkopimda serta dialektika positif di antara organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan dan elemen lainnya di Kota Malang. Hal ini menjadi pilar penting terjaganya nilai-nilai HAM di Kota Malang.
“Atas penghargaan yang didapat Kota Malang di bidang Hak Asasi Manusia ini, saya sampaikan terima kasih kepada jajaran Forkopimda dan segenap elemen yang ada di Kota Malang,” ucap Abah Anton dengan bangga. (say/ram)

PENGHARGAAN: Wali Kota Malang, H. Moch Anton saat menerima penghargaan bidang Hak Asasi Manusia dari Menteri Hukum dan HAM, Yasona H. Laoly di Kota Solo, Minggu (10/12).

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.